Minggu, 22 Maret 2009

APA ITU PWS?

PENGERTIAN:

Pemantaua Wilayah Setempat KIA adalah alat untuk pengelolaan program KIA serta alat untuk motivasi dan komunikasi kepada sektor lain yang terkait dan dipergunakan untuk pemantauan program KIA secara teknis maupun non teknis dengan memanfaatkan data yang ada (Kohort, Register dll )

LATAR BELAKANG

Tingginy a AKI dan AKB

Upaya pelayanan KIA yg belum optimal terlihat dari sarana pelayanan dan tenaga kesehatan khususnya dokter dan bidan desa

Keadaan masyarakat yg belum menunjang. Hal ini terlihat dari tk. Pendidikan (khususnya kaum ibu) rendah, sosial ekonomi masih kurang dan tk PSM belum berkembang seperti yg diharapkan.

Cakupan Linakes Rendah

MENDENGAR :

Kita mendengar berita baik dari sumber langsung atau sumber tidak langsung. Tahap ini informasi belum dapat dianggap benar 100% dan masih perlu konfirmasi.

Contoh :

Di puskesmas Bongas banyak terjadi kematian ibu melahirkan, disana tidak ada bidan di desa, sedangkan Dokter nya tinggal di Indramayu, sehingga banyak kasus ibu bersalin dan melahirkan yang terjadi pada malam hari , dirujuk ke Haurgeulis atau Subang, dan biasanya sudah terlambat …………

MELIHAT :

Kita melihat langsung dilokasi, tetapi belum mempunyai bahan informasi yang dapat dipercaya.

Contoh :

Tadi saya singgah di puskesmas Bongas, keadaannya Payah, tidak dapat bertemu dengan bidan, sedangkan Dokter nya sedang rapat di kecamatan.Hari tersebut sebenarnya hari untuk ANC, tapi kog

tidak kelihatan bumil sama sekali, memang aneh……

MEREKAM :

Kita melakukan perekaman (memotret) semua yang ada dilokasi pemantauan, sehingga kita mempunyai gambar dan informasi jelas.

Contoh :

Kemarin saya sengaja ke puskesmas Bongas, bertemu dengan petugas KIA (dokter dan bidan tidak ditempat) melihat langsung kondisi puskesmas dan meminta data kunjungan pasien umum, ibu hamil, imunisasi, sertarekap posyandu. Data yang tersedia agak sulit dibaca dan pencatatannya asal asalan.

MENGAMATI :

Kita melakukan pengamatan, artinya kita melihat dalam kurun waktu tertentu, apa yang sebenarnya terjadi untuk mendapatkan gambaran yang pasti dan otentik dilokasi pengamatan tersebut.

Contoh :

Setelah membuat janji dengan dokter puskesmas Bongas, saya mendiskusikan beberapa hal yang terjadi di pusk tsb. Saya juga menemui Camat Bongas, TP-PKK Kec,serta mengunjungi bidan Bongas dirumahnya di Indramayu.

MENGANALISIS :

Kita melakukan analisis dari semua informasi, temuan,dan catatan yang ada.

Membuat suatu kaitan antara informasi yang ada dengan kenyataan , serta kinerja lembaga tersebut.

menentukan masalah yang ada

menentukan penyebab masalah tersebut

mencari alternatif penyelesaian masalah

menentukan rencana aksi.

RENCANA TINDAK LANJUT :

Hasil analisa diatas di umpan balikkan (feet back) kepada staf institusi yang di pantau, serta menyepakati tindak lanjut tersebut sebagai upaya memperbaiki situasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar