Minggu, 22 Maret 2009

Entry Data dengan LAN

Entry data program "kartini" merupakan pekerjaan yang relatif mudah, namun sangat menyita waktu dan tenaga. Oleh karenanya lebih baik apabila dilakukan dengan menggunakan beberapa computer, hal ini bisa dilakukan apabila perangkat tersebut saling terhubung dengan fasilitas diantaranya lokal area network (LAN).
1.Langkah-langkah pemasangan LAN dengan kabel.
- Gabungkan beberapa komputer dengan menggunakan Hub. (kalo ga punya beli dulu)
- lakukan setting pada setiap komputer ( komputer 1 sbg server, lainnya sbg client) dengan cara:
* klik control panel - network conection - klik kanan local area conection - propertis - internet protocol (TCP/IP) - propertis - use the following IP addres - (untuk komputer server) ketikan 192.168.0.1 - 192.168.0.2 untuk komputer ke 2,3,4 dst. klik ok.
* Untuk melihat apakah computer sudah ter-setting dengan benar, terlebih dulu lakukan test. dengan cara : klik start - run – ketikan cmd enter – pada box ketik ping (spasi) 192.168.0.2 (artinya comp server coba hubungi comp client no 2) lakukan hal yang sama pada comp yg lain dengan no IP yang dituju. Misalnya comp 2 ke server (192.168.0.1). Bila tidak ditemukan confirm lost, berarti koneksi berhasil.

* Untuk selanjutnya lakukan setting ( comp 2,3,4 dst) pada program “kartini” dengan cara : klik start – Penelusuran PPWS-KIA – setup koneksi. Ubah nama server ( locallhost menjadi 192.168.0.1) – pastikan nama database nya sama dengan server – klik test. Bila koneksi berhasil aka nada tampilan konfirmasi (koneksi berhasil) … selamat anda sudah berhasil melakukan hubungan dengan LAN. Kalo tidak, periksa segala kemungkinan yg dapat menyebabkan gagalnya koneksi, atau hubungi saya via HP atau sambil silaturahmi datang…ke Cipanas

2. Langkah-langkah pemasangan LAN dengan nir kabel ( akses point )

Pada dasarnya hampir sama dengan pemasangan pake kabel, Cuma beda alat doang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar